Minggu, 15 Januari 2012

Tips Naik Motor Waktu Hujan

Cuaca sekarang memang sudah ga mengenal musim, bentar panas bentar hujan.Katanya sih pengaruh dari pemanasan global.
Saatnya untuk makin berhati-hati dalam mengendarai motor. Secara ya, motor adalah tunggangan tanpa atap, pastinya membuat kita terguyur hujan, serta langsung ditempa angin dari depan saat mengendarainya.
Nah, biar tetap aman dan nyaman, meskipun harus berkendara kala hujan dan angin, nih ada beberapa tipsnya.
1. Pakai helm full face. Berguna banget untuk melindungi wajah saat mengendarai motor. Secara ya, kalau lagi hujan angin gitu suka banyak terbawa benda-benda ajaib yang bisa kena muka.
2. Siapkan jas hujan. Wajib!! Daripada terhambat dan terlambat kan?? Begitu mendung dan hujan mulai turun rintik-rintik, mending tuh jas langsung digunakan soalnya kadang hujannya turun tiba-tiba. Oh iya, lebih baik gunakan yang model two pieces, soalnya yang tipe jubah rentan kesangkut!
3. Air hujan bisa menyebabkan permukaan jalan yang bersih sekalipun menjadi licin. Nah, mengenali traksi motor adalah tugas anda ketika hendak berkendara dalam hujan. Lakukan pengereman disertai dengan pengurangan gigi secara bertahap. Begitupun ketika hendak berakselarasi, lebih cepat memindahkan gigi pada yang lebih tinggi, lebih baik. Itu bisa mengurangi risiko ban sliding.
4. Perhatikan juga aquaplaning, meskipun hal itu jarang terjadi pada motor, karena ban motor relatif lebih bulat, tidak seperti ban mobil yang datar dan lebar. Kalaupun ternyata motor anda menggunakan ban lebar, usahakan memiliki kembangan yang masih dalam, serta berkompond lembut. Compound lembut, biar bagaimanapun memiliki daya traksi lebih baik dari yang keras.
5. Kemudian,sebisa mungkin anda harus terlihat, seperti dengan menggunakan warna-warna cerah, baik pada motor maupun pakaian anda. Karena seperti kita tahu, kalau hujan, jarak pandang jadi terbatas dan semuanya kabur.
Semoga bermanfaat.
sumber : http://www.indowebster.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

ibc

selamat menikmati dan kirimkan kritik serta saran anda

ride to cibatok

ride to cibatok
ibc crew